Scary Hands

Piece Of M3M

MAN 3 Malang merupakan salah satu sekolah favorit yang berada di Malang. Bangunan yang megah dan fasilitas lengkap serta modern, disediakan sekolah ini.
Proses pembelajaran yang disiplin selalu menjadi fokus utama.

Tapi disini saya tidak ingin memuji ataupun membangga-banggakan MAN 3. Saya ingin menuliskan semua unek-unek yang dimiliki siswa-siswi MAN 3.Saya telah bertanya alias wawancara terhadap beberapa murid MAN, dan berikut adalah hasil wawancara.

Berikut adalah masukan-masukan dari perwakilan bidang masing-masing :

{ Siswa Atlet }
"Bagaimana pendapatmu tentang sarana prasarana olahraga di MAN 3 ini.??"
"Menurutku, sarana untuk olahraga kurang memadai. Lapangannya standart desa.Cuma satu, lapangan satu-satunya, multifungsi lagi. Kalau mau olahraga, sepak bola, basket, dan voli harus gantian.
Ngga cuma tempatnya, alat-alatnya pun sangat memprihatinkan. Banyak bola bocor, net voli jebol, ring basket sobek, dan buanyaaak lagi cacatnya. Apalagi sekarang lapangan basketnya pake sponsor yang nggilani. Tambah sipp aee..
Semoga kedepannya, para pengurus sekolah bisa menambah plus memperbaiki fasilitas-fasiltas olahraga. Entah ditambahi kolam renang outdoor atau futsal indoor. Kan anak MAN jadi bisa lebih sehat. Ngga cuma ngarepin susu UKS ajaa.. hahaha "

{ Siswa Pendidikan }
"Bagaimana pendapatmu tentang KBM diMAN 3 ini.??"
"Sebenarnya murid-murid di MAN 3 ini tidak ada yang tidak pintar alias goblok, tapi mereka banyak yang tidak cocok dengan sistem pembelajaran di sekolah ini. Mereka jelas ada yang capek karena harus mengikuti KBM mulai jam 06.30 - 15.00. Maka jangan salahkan jika ada siswa yang ketiduran di kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung.
Mereka pasti memiliki titik jenuh dimana mereka ingin istirahat sejenak untuk  refreshing. Gurunya pun kurang perhatian terhadap siswa. Seharusnya ketika guru mengetahui ada yang sedang butek, guru tersebut berusaha menyegarkan kembali si murid. Entah dengan membuat game ringan atau guyonan. Ada guru yang datang ke kelas hanya untuk
mengajar, bukan membuat siswa paham tentang pelajaran. Mereka duduk, baca buku, menerangkan, kasih tugas, kumpulkan. Sistem pembelajaran model apa itu.??. Bukan itu yang kami cari. Banyak guru yang berkata
" Kalian sekolah bukan untuk mencari nilai tapi ilmunya, saya bisa dengan mudah memberi kalian nilai 100 kalau kalian datang kerumah saya dengan bawa rambutan."
(kalimat diatas hanya guyon..hehe)
Tapi bagaimana kami bisa memperoleh ilmu apabila cara mengajar mereka seperti itu.?? Mohon para guru sadar. Mungkin cukup itu dari saya."

{ Siswa Alim }
"Bagaimana pendapatmu tentang keagamaan di MAN 3 ini.??"
"Jadwalnya sih bagus, ada sholat jamaah dimasjid.Tapi siswa masih banyak yang bermalas-malasan untuk pergi ke masjid. Mungkin mereka tidak sepenuhnya salah karena banyak juga guru yang tidak ikut melaksanakan sholat berjamaah. Mereka pasti mencontoh para guru yang juga malas untuk melaksanakan sholat jamaah dimasjid. Seperti kata pepatah,
Guru kencing berdiri, jangan salahkan jika murid kencing sambil lompat tinggi. Percuma jika hanya Wa.Ka Keagamaan yang ngubraki untuk pergi kemasjid sedangkan salah satu guru olahraganya tidak pernah pergi kemasjid. Kita tidak pernah melihat beliau pergi ada dimasjid saat sholat berjamaah. Tapi kami selalu positif thinking, mungkin beliau
ketiduran dijalan atau sedang nongkrong diwarung langganannya.. ckakakaka."

{ Siswa Mbeleerrrr }
"Piye ndek MAN.?? enak a.??"
"Enak apaneee.?? Sekolah kok sampe jam 3. Yo pegel cak, males sisan. Terus MAN iki muuuedit nek soal libur, mosok sekolah liyo nek wayah kelas 3 tryout kan kelas 1 & 2 prei. Ndang awak dewe gag onok preii blas. Seng nggenah ae jhoo. Sekolah kampr*t ancene.."
"Lha nek ngerti ngono lapo koen ga pindah nak sekolah seng prei terus ae.??"
"hahh.?? Iyo see.. Bener koen.."
"Terus nek ngono sopo seng bento.??"
"Yo tonggoku.. hahaha."

Mungkin cukup sekian wawancara antara antara saya dan para pentolan kaum mereka masing-masing. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Akhirul kalam,
Billahi taufiq wal hidayah.. Wa ridho wal inayah.. Wal 'afwu minkum..
Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Response to "Piece Of M3M"

Posting Komentar